IMUNISASI GIGI

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :

Salikun S.Pd., M.Kes
(pengelola UKGS Inovatif di Kota Semarang)

Imunisasi Gigi adalah program kesehatan gigi dan mulut yang inovatif, terdiri dari tiga pagar pencegahan (simulasi risiko karies Irene Donuts, terapi remineralisasi, dan perlindungan permukaan) yang bertujuan untuk membentengi seseorang dari karies gigi. Sumber utama yang menggerakkan program ini adalah pemberdayaan, setiap orang memiliki peran yang penting.
komponen-komponen Imunisasi Gigi terdapat tiga pagar yang melindungi gigi dari terjadinya karies gigi. Pagar pertama adalah penilaian risiko menggunakan "Irene Donuts" dalam kaitannya dengan manajemen perilaku.
Pagar kedua adalah terapi remineralisasi yang diterapkan di rumah, jika pagar pertama gagal yang di tandai dengan adanya demineralisasi / white spot, maka pagar ketiga dapat digunakan: yaitu melindungi gigi molar pertama yang baru tumbuh (perlindungan permukaan) oleh tenaga kesehatan gigi.
Dalam memahami tantangan ini, dari pada menunggu gigi menjadi rusak dan kemudian penangananya dilakukan secara kuratif maka, lebih baik melakukan langkah-langkah pencegahan. (Adyatmaka, Irene. 2017. Dental Immunization)

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :